7 Tanaman Hias Daun yang Paling Populer di Kalangan Masyarakat

Tanaman hias daun adalah tanaman hias yang memiliki kelebihan dibagian daunnya. Tanaman hias ini memiliki banyak peminat tersendiri. Aglonemo, daun puring dan kuping gajah adalah beberapa jenis tanaman hias daun yang cukup populer dikalangan masyarakat.

Kami telah mengumpulkan 5 tanaman hias daun yang paling populer di kalangan masyarakat. Semoga dapat membantu kamu untuk memilih atau menjadi bahan pertimbangan bagi kamu yang ingin menanam di pekarangan atau di taman kamu.

COPY CODE SNIPPET

1. Aglaonema

pixabay.com

Tanaman ini biasa disebut dengan sri rejeki. Tanaman Aglaonema termasuk dalam golongan tanaman yang mudah untuk ditanam karena tidak memerlukan perawatan yang intensif. Tapi tanaman ini memerlukan lingkungan yang lembab dan juga sinar cahaya matahari secara tidak langsung. Namun sri rejeki mudah layu jika terkena sinar matahari yang terlalu panas dan lingkungan yang kering.

Karakteristik dari Aglaonema adalah memiliki bentuk daun yang lonjong berwarna hijau dengan bintik-bintik di sekitarannya serta garis berwarna abu-abu keperakan menghiasi daun dari tanaman ini.

2. Daun Puring

nama tanaman hias daun dan gambarnya

bukalapak.com

Codiaeum Variegatum merupakan nama latin dari tanaman hias daun puring. Tanaman ini termasuk tanaman yang cukup populer dikalangan masyarakat. Tanaman yang pernah dianggap tidak memiliki nilai jual, tapi saat ini tanaman daun puring memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Dan biasanya tanaman ini sering ditanam di komplek perumahan mewah.

Tanaman ini memiliki daun yang bergelombang dan juga panjang serta mempunyai warna yang beragam mulai jingga, kuning, hijau, merah dan juga warna-warna yang dihasilkan dari pencampuran warna yang lain.

3. Kuping Gajah

tanaman hias daun dan ciri-cirinya

tamanminimalisku.com

Kuping gajah termasuk dalam jenis tanaman Anthurium. Tanaman ini memiliki ukuran yang lebar seperti telinga gajah. Sehingga tanaman ini mendapatkan julukan tanaman kuping gajah. Karakteristik tanaman kuping gajah memiliki urat-urat putih dan juga berwarna hijau tua.

Kuping gajah termasuk tanaman yang mudah ditanam karena perawatan yang hanya berfokus kepada daunnya saja. Teras belakang dan beranda rumah merupakan tempat yang cocok untuk tanaman hias daun ini. Karena kuping gajah hanya membutuhkan sinar matahari yang sedikit dan tempat yang teduh.

4. Daun Dieffenbachia

tanaman hias berdaun lebar

caratanam.com

Dikalangan para penjual tanaman ini biasa disebut dengan tanaman bahagia. Tanaman ini cocok ditaruh di dalam ruangan karena Dieffenbachia memilik daya tahan yang cukup kuat ketika di tempatkan di dalam ruangan. Walaupun warna tanaman ini akan cenderung gelap, tapi tidak jadi masalah.

Daun Dieffenbachia ini terkenal dengan tanaman pembersih udaha. Jadi jika di tempatkan di dalam ruangan, tanaman ini akan membantu kamu untuk menjaga kebersihan udara disekitar ruangan. Jika tanaman ini ditanam di pekarangan rumah maka bisa menjadi pengurang polutan disekitar rumah. Tapi getah dari Daun Dieffenbachia, jika mengenai kulit akan menjadi gatal dan juga ketika getah menyentuh dari bibir dan lidah bisa menjadi kejang.

5. Tanaman Suplir

Tanaman ini termasuk tanaman yang cukup sulit ditanam karena membutuhkan lingkungan udara bersih dan lingkungan yang lembab juga. Namun Tanaman Suplir ini tanaman yang cantik dengan daun-daun kecil sehingga membuat suasana segar bila dipandang oleh mata.

Pinggiran sungai dengan pepohanan di sekitarannya merupakan habitat asli dari tanaman ini dikarenakan tanaman suplir hanya membutuhkan sedikit cahaya saja. Tidak memerlukan banyak air untuk pemeliharannya. Cukup dengan lingkungan yang lembab dan tidak basah serta tidak kering, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik.

Baca juga : Tanaman Hias Pembersih Udara

6. Tanaman Keladi Red Star

uyhamakassar.blogspot.com

Tanaman keladi red star termasuk tanaman hias daun yang mudah ditanam. Media tanam yang cocok untuk tanaman ini adalah media tanaman yang cukup kelembapannya. Untuk menjaga warna merah pada urat daun dari tanaman ini agar semakin kuat, sebaiknya tanaman keladi red star ini disimpan di tempat yang cukup terkena matahari penuh.

Ketika kamu ingin menyiram tanaman ini , sebaiknya disiram pada media tanamnya saja. Penyiraman dilakukan cukup satu kali dalam sehari. Jika media tanam dijaga kelembapannya, maka keladi red star akan tumbu dengan baik.

7. Tanaman Saka Asparagus Plumosus

jualtanaman.com

Sama halnya dengan tanaman keladi red star, tanaman ini mudah untuk ditanam. Tanaman saka asparagus plumosus sangat butuh dengan lingkungan yang tidak kekurangan air dan lingkungan yang lembab. Karakteristik dari tanaman ini seperti tanaman paku yang banyak daunnya serupa dengan jarum yang halus. Tanaman ini bisa dipadukan dengan beberapa bunga agar terlihat lebih indah untuk menghias.

Leave a Reply