Terganggu Nyamuk? Coba Usir Pakai Tanaman Ini, Dijamin !!

TANAMAN PENGUSIR NYAMUK – Nyamuk sering sekali menjadi penganggu segala aktifitas kita baik itu ketika kita tidur ataupun aktifitas lainnya. Dan kerap kali juga kita menggunakan bahan-bahan kimia sebagai alat untuk mengusirnya, padahal itu bukan lah cara yang bijak. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengusir nyamuk, salah satunya ialah dengan dengan menggunakan tanaman yang tidak disukai oleh nyamuk. Berikut ini nama tanaman-tanaman tersebut.

Tanaman Pengusir Nyamuk

Serai

Tanaman Pengusir Nyamuk

tanamanherbalindo.blogsot.com

COPY CODE SNIPPET

Serai sendiri punya kemampuan dalam mengusir nyamuk. Sebab, tanaman tropis ini didalamnya terkandung Sitronela yang tak disukai oleh nyamuk. Biasanya, orang memakai minyak atsiri untuk mengusir nyamuk. Sama halnya, tanaman serai sendiri punya fungsi seperti minyal atsiri tersebut.

Sage

Tanaman Pengusir Nyamuk

kompasiana.com

Saege atau Salvia merupakan tanaman yang berasal dari wilayah Mediterania. Dapat tumbuh di dataran tinggi ataupun rendah. Sage ini berupa tanaman semak yang punya tinggi sekitar 60cm serta daun serupa tanaman Mint. Bunganya bermacam, tergantung varietasnya, ada yang berwarna merah jambu, ungu, merah, atau putih.

Daun Sage kerap diapakai sebagai bahan pelengkap dan penyedap makanan di daerah Eropa dan Amerika. Tidak hanya itu, tanaman ini sering juga dijadikan tanaman. Sage sendiri merupakan salah satu bisa dipakai untuk mengusir nyamuk.

Baca Juga: 3 Cara Mengusir Nyamuk dengan Teknologi, Bahan Kimia dan Alami

Lavender

Tanaman Pengusir Nyamuk

adrianasariwordpress.com

Bukan hal asing lagi, Lavender dikenal sebagai pengusir nyamuk. Sebab, aroma yang dihasilkan tanaman ini tidak disukai oleh nyamuk. Lavender sendiri mempunyai bunga berwarna ungu yang bagus serta aroma yang khas.

Mint

Tanaman Pengusir Nyamuk

teknologi-tepat-guna.blogspot.com,

Mint ialah tanaman herbal yang lezat dan memiliki banyak manfaat. Biasanya Tumbuh bergerombol dan punya akar yang menancap ke tanah. Tanaman ini sangat gampang dibudidayakan dan tahan laman. Cara menanamnya pun cukup mudah. Bisa menggunakan biji, ataupun dengan cara menancapkan batangnya.

Mint sendiri banyak dipakai untuk bermacam olahan makanan dan minuman, mulai dari bumbu salad buah, campuran masakan daging atau ikan, hingga campuran untuk segelas teh atau minuman lainnya. Tidak hanya itu, tanaman ini sering juga dipakai sebagai campuran larutan untuk penyegar mulut.

Seperti halnya Sage, Mint dapat domanfaatkan sebagai pengusir nyamuk. Jika terlalu malas untuk mengekstraknya, dapat memakai larutan penyegar mulut yang disemprotkan di ruangan. Selain dapat mengusir nyamuk dan serangga lainnya, ruangan dapat menjadi lebih harum juga.

Basil

Tanaman Pengusir Nyamuk

kompasiana.com

Basil dijuluki dengan “King of Herbs”. Sebab, tanaman ini sering digunakan sebagai bumbu masakan di seluruh dunia. Basil sendiri punya jenis yang beragam dan tersebar hampir di seluruh dunia.

Di Indonesia, terdapat dua jenis basil, yaitu Selasih (sering digunakan sebagai campuran minuman) dan Kemangi (sering dimanfaatkan sebagai ulam ataupun bumbu masakan). Karena aromanya yang begitu khas, Basil juga sering dipakai untuk mengusir serangga, termasuk halnya nyamuk.

Rosemary

Tanaman Pengusir Nyamuk

hidroponikshop.com

Sama dengan tanaman pengusir nyamuk sebelumnya, Rosemary punya aroma yang harum layaknya minyak kayu putih. Tanaman ini dapat diletakan pada sudut ruangan yang sering menjadi sarang nyamuk. Cara penggunaan lainnya ialah dengan membakar batang atau daunnya yang nantinya dapat mengeluarkan uap. Uap ini lah yang dapat membuat nyamuk mabuk dan akhirnya mati.

Rosemary sendiri masuk kedalam kerabat dekat mint. Tanaman ini umumnya ddimanfaatkan untuk membumbui daging kambing, dan ayam. Tumbuhan ini Berasal dari daerah Mediterania dan Asia dengan iklim yang dingin dan kering. Dapat tumbuh sampai ketinggian 1,5 meter, bahkan 2 meter.

Catnip

Tanaman Pengusir Nyamuk

parararam.com

Tanaman ini berasal dari Eropa dan sebagian Asia, Cantip sering disebut juga sebagai “ganja” bagi kucing. Sebab, kucing sangat suka aromanya sehingga menjadikannya riang, lincah, dan tenang. Hal ini dikarenakan kandungan nepetalactone yang terdapat pada batang dan daunnya.

Walaupun begitu, kandungan zat ini bermanfaat dalam mengusir tikus dan nyamuk juga banyak serangga lainnya, termasuk kecoa. Tapi, hal yang perlu diwaspadai, Ada beberapa serangga dan semut yang mengandung nepetalactone, sehingga Catnip justru melindungi mereka dari serangga lainnya.

Untuk manusia sendiri, Catnip biasanya dijadikan teh. Tanaman ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan olahan makanan. Punya dampak relaksasi jika dihisap layaknya rokok.

Catnip ini masih memiliki kekerabatan dengan mint. Tinggi dan lebarnya dapat mencapai 50-100 Sentimeter. Kebanyakan digunakan sebagai tanaman hiasan di kebun. Tidak hanya itu, Catnip juga mengundang kucing dan kupu-kupu untuk datang. Tumbuhan ini tahan dengan iklim yang kering.

Kamu Sedang Mencari Solusi Masalah Nyamuk? Cek di Jual Tirai Magnet Anti Nyamuk

Leave a Reply