Tari Saman | Sejarah, Asal Usul, Gerakan, Makna, Fungsi dan lainnya

Tari Saman – Indonesia adalah Negara yang memiliki kebudayaan amat banyak dan beragam. Misalnya berbagai suku, budaya, seni dan sebagainya yang ada di Indonesia menunjukkan bahwa Negara ini sangatlah kaya dalam keragamannya. Dan yang menarik adalah masing-masing suku tentu saja memiliki ciri khas serta kebudayaannya masing-masing.

Salah satu kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia adalah tari. Ini merupakan jenis kesenian yang dipertontonkan dalam bentuk gerakan dengan satu sama lain membentuk kesatuan yang memunculkan keindahan tersendiri. Bahkan, ada banyak sekali tarian yang sangat terkenal di Indonesia.

Dari berbagai jenis tari yang ada, ada tari Saman yang menjadi tari cukup populer, tidak hanya di tingkat nasional namun juga dunia internasional. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan di ulas mengenai tari saman. Dan diharapkan artikel berikut akan semakin memperkaya wawasan Anda akan budaya dan kekayaan alam yang ada di Indonesia.

Tari Saman merupakan salah satu jenis tarian dari Suku Gayo. Tarian satu ini biasa ditampilkan untuk perayaan peristiwa penting di dalam sebuah adat. Dan syair yang terdapat di dalam tarian saman sendiri memakai bahasa Gayo. Tidak hanya itu, tari Saman ini juga biasa ditampilkan saat perayaan kelahiran Nabi Muhammad Saw.

Bahkan, di dalam berbagai literatur disebutkan bahwa tari Saman yang ada di Aceh ini didirikan oleh seseorang bernama Syekh Saman. Dan ia tidak hanya mendirikan, namun juga mengembangkan jenis tarian ini. Syekh Saman sendiri merupakan salah seorang ulama yang asalnya adalah dari Gayo, salah satu kawasan di Aceh Tenggara.

Bahkan, jenis tarian ini kemudian ditetapkan UNESCO sebagai salah satu daftar representasi budaya Tak benda Warisan Manusia di dalam sidang ke enam pada Komite Antar Pemerintah untuk melindungi warisan budaya Tak Benda UNESCO yang digelar di Bali pada 24 November 2011.

Makna dan Fungsi Tari Saman

makna dan fungsi tari saman

Tari saman sendiri dijadikan sebagai salah satu media untuk berdakwah atau menyampaikan pesan kepada umat. Tarian ini juga memberikan cerminan tentang pendidikan, keagamaan, kepahlawanan, sopan santun dan juga kebersamaan. Sebelum tarian ini dimulai, ada sesi khusus yang isinya adalah mukadimah atau pembukaan.

Maka, tampilah sosok orang tua yang cerdik dan juga pandai. Atau bisa juga dibuka oleh para pemuka adat yang memberikan nasihat dan juga petuah kepada para penontonnya. Adapun lagu serta syair yang mengiringinya diungkapkan secara bersama dan berkesinambungan.

Untuk pemainnya sendiri biasanya terdiri dari para pria muda yang menggunakan pakaian adat. Untuk tarian ini dapat sekedar dipentaskan untuk hiburan dan bisa juga dilombakan antara satu grup dengan grup yang lainnya. Dan untuk sisi penilaiannya sendiri umumnya ditetapkan berdasarkan kemampuan dari tiap grup dalam hal gerak, tari dan juga lagu yang disajikan.

Paduan Suara Tari Saman

paduan suara tari saman
kisahasalusul.blogspot.com

Tari saman ini tampak semakin indah dan menarik kala diiringi dengan paduan suara oleh para penyanyi. Adapun jenis lagu yang dinyanyikan dalam tari saman sendiri dibagi menjadi lima jenis, yang meliputi:

  • Rengum yang merupakan suatu auman dan ini disuarakan oleh pengangkat. Ini merupakan bentuk mukadimah atau pembukaan dari tari Saman itu sendiri. Yakni sesudah adanya pidato pembukaan. Prosesi ini lebih disebut dengan tiruan bunyi. Sehingga ketika berakhir, maka akan langsung disambut dan disambung dengan bersamaan dengan menggunakan kalimat yang terdapat di dalamnya. Di antaranya adalah berupa bentuk pujian kepada sosok atau seseorang yang diumpamakan, entah itu kepada tumbuhan atau benda tertentu.
  • Dering yang merupakan rengum untuk kemudian di ikuti semua penari.
  • Redet, yakni lagu singkat diiringi dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh salah seorang penari di tengah-tengah tari.
  • Syekh merupakan lagu yang kemudian dinyanyikan oleh salah seorang penyanyi yang memiliki suara panjang dan tinggi melengking. Umumnya, ini adakah tanda untuk perubahan gerak.
  • Saur merupakan lagu yang kemudian diulang bersama oleh semua penari sesudah dinyanyikan oleh penari solonya.

Gerakan Tari Saman

gerakan tari saman
sahabatnesia.com

Untuk gerakan tari saman sendiri memakai dua unsur gerak. Dan ini menjadi unsur mendasar dalam tarian saman. Gerak pertama adalah tepuk tangan, dan gerak kedua adalah tepuk dada. Hal ini menyebabkan munculnya anggapan bahwa syekh Saman saat menyebarkan agama Islam mempelajari tarian Melayu Kuno lalu menghadirkannya kembali melalui gerak yang diiringi dengan syair dakwah Islam.

Tujuannya adalah untuk memudahkan proses dakwahnya. Di dalam konteks saat ini, tarian ritual yang sifatnya religius masih dipakai sebagai suatu media untuk menyampaikan pesan dakwah lewat pertunjukan. Tari Saman sendiri masuk ke dalam jenis tari yang unik lantaran hanya menampilkan gerakan tepuk tangan dan beberapa gerakan lain misalnya gerak guncang, gerak kirep, lingang, surang saring.

Kesemua gerakan ini memakai istilah yang berasal dari bahasa Gayo. Di samping itu, ada dua baris orang yang kemudian menyanyi sembari bertepuk tangan. Dan seluruh penari yang ada dituntut untuk menari dengan harmonis dan juga indah. Dan di dalam tari Saman itu sendiri secara umum temponya semakin lama juga akan semakin cepat sehingga tidak mengherankan jika tarian ini menjadi semakin menarik.

Penari Tari Saman

penari tari saman

Adapun untuk penarinya sendiri, biasanya tari saman dimainkan oleh belasan hingga puluhan lelaki. Namun, untuk memainkan tarian ini, jumlah penarinya harus ganjil. Ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa tarian ini dimainkan kurang penari dengan jumlah kurang lebih 10 orang.

Delapan di antara adalah penari sedangkan untuk dua di antaranya akan bernyanyi sembari memberikan aba-aba. Akan tetapi, dalam perkembangannya khususnya era modern seperti sekarang ini muncul pemahaman bahwa sebuah tarian akan semakin semarak jika dimainkan oleh penari yang banyak.

Dan untuk mengatur beragam gerakan di dalamnya, maka seorang syekh ditunjuk untuk mengatur gerakan dan pemimpin tarian tersebut. Di samping untuk mengatur, syekh juga bertugas untuk menyanyikan syair lagu Saman yang disebut dengan Ganit.

Sejarah Tari Saman

sejarah tari saman
keseniankriya.blogspot.com

Tarian satu ini disebut dengan tari Saman karena ia diciptakan oleh salah seorang syekh yang bernama syekh Saman. Sebagaimana di ulas di awal bahwa ia merupakan salah seorang ulama di Gayo pada sekitar abad ke 14 Masehi. Lebih tepatnya berada di kawasan dataran tinggi Gayo.

Awal mulanya tarian ini sesungguhnya adalah permainan dari rakyat yang dinamakan dengan sebutan Pok Ane. Namun, pada gilirannya, tarian satu ini ditambahkan dengan syair syair dan juga pujian kepada Allah. Selain itu juga ditambahkan dengan tepukan-tepukan dari para penari. Sejak saat itulah tari saman ini dijadikan sebagai sebuah media untuk berdakwah.

Pada awal pertumbuhannya, tari saman ini hanya sekedar ditampilkan di event tertentu saja. Khususnya saat memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad atau maulid Nabi. Umumnya, tarian ini ditampilkan pada bawah kolong Meunasah atau semacam surau panggung.

Akan tetapi, dengan semakin berkembangnya zaman, tarian ini pun menjadi sering dilakukan. Bahkan saat ini, jenis tarian ini sudah tergolong pertunjukan atau hiburan sehingga penampilannya tidak terikat oleh waktu seperti pada awal kemunculannya yang hanya pada saat peristiwa atau upaya tertentu.

Tari Saman pun akhirnya bisa ditampilkan di berbagai kesempatan yang sifatnya keramaian dan juga kegembiraan. Misalnya saat acara pesta pernikahan, pesta ulang tahun dan berbagai perayaan yang lainnya. Biasanya, jenis tarian ini dilakukan di rumah, lapangan atau di panggung tertentu jika ada.

Untuk prosesinya sendiri, tari saman ini biasanya akan dipandu oleh seorang pemimpin yang dikenal dengan syekh. Sehingga untuk bisa memperoleh gerakan yang baik dan juga kompak, maka di antara pemandu dan penari harus mampu bekerja sama dengan baik. Sehingga proses tariannya juga akan semakin harmonis dan mampu menghibur banyak orang.

Urutan Gerakan Tari Saman

urutan gerakan tari saman

Tari Saman ini sesungguhnya memiliki suatu gerakan yang bisa dibilang unik. Hal itu lantaran di dalam tarian jenis ini terdiri dari gerakan tangan, badan dan juga kepala yang dilakukan dengan posisi duduk. Dan gerakan tersebut dilakukan dengan mengikuti syair yang dinyanyikan.

Biasanya, jenis tarian ini akan dilakukan oleh belasan hingga puluhan lelaki. Namun untuk aturan jumlah pemain memang harus ganjil.

Seiring perkembangan zaman, tarian ini kemudian dilakukan juga oleh perempuan. Dan untuk gerakan tarian ini sehingga menjadi indah, dibutuhkan kekompakan dari para penari antara satu dengan yang lain.

Tari Saman yang berasal dari Aceh ini secara umum akan dimainkan oleh 17 orang jumlah penari dengan adanya ketentuan sebagaimana berikut ini:

  • Penari nomor sembilan disebut dengan pengangkat. Ini merupakan tokoh yang paling utama di dalam tari Saman. Ia adalah orang yang menentukan gerak pada tarian sembari menyanyikan syair-syair tertentu.
  • Sedangkan untuk penari nomor delapan disebut dengan pengapit. Pengapit sendiri merupakan tokoh yang tugasnya membantu pengangkat. Entah itu di dalam gerakan ataupun di dalam syair yang dinyanyikan.
  • Adapun untuk penari nomor dua sampai tujuh dan juga nomor sebelas sampai dengan enam belas disebut dengan penyepit yang merupakan penari biasanya yang mendukung gerak tarian yang diarahkan oleh sang pengangkat.
  • Sedangkan untuk penari nomor satu dan juga nomor tujuh belas disebut dengan penupang yang merupakan penari yang letaknya ada di bagian paling ujung kiri dan juga kanan. Di samping itu ia juga memiliki fungsi untuk menahan posisi tari agar senantiasa utuh dan tetap lurus dan juga rapat.

Untuk tari Saman ini, keseluruhan penari duduk dengan posisi berlutut dan berat badan mereka kemudian tertekan di kedua telapak kaki. Pola ruang di tari Saman ini memang terbatas pada ketinggian posisi badan. Dari posisi duduk berlutut kemudian menjadi berubah pada posisi di atas lutut yang dikenal dengan istilah berlembuku.

Gerakan satu ini merupakan level tertinggi. Sedangkan untuk level terendah adalah ketika para penari membungkuk kearah depan hingga 450 yang dikenal dnegan istilah tungkuk atau hingga penari tersebut miring ke belakang hingga 600 yang dikenal dengan istilah langat.

Terdapat pula istilah dalam tarian saman yang disertai gerakan miring ke bagian kanan atau kiri yang dikenal dengan istilah Singkeh. Dan ada juga gerakan dengan posisi duduk melenggang ke bagian kanan depan atau ke bagian kiri belakang yang dikenal dengan lingang.

Di dalam tari Saman sendiri, gerakan tangan terbilang cukup dominan karena fungsinya adalah sebagai gerak dan juga musik. Di antara gerakan di dalam tari Saman adalah sebagaimana berikut ini:

  • Cerkop yang merupakan gerakan dengan kedua tangan berhimpit sehingga menjadi satu arah.
  • Cilok yang merupakan gerakan ujung jari telunjuk seolah mengambil suatu benda ringan misalnya garam.
  • Tepok yang merupakan gerakan tangan yang dilakukan dengan beragam posisi misalnya baling baling atau horizontal.

Sedangkan untuk gerakan kepala di dalam tarian Saman itu sendiri adalah sebagai berikut ini:

  • Angguk yang merupakan gerakan kepala semacam mengangguk di dalam tempo lambat sampai dengan tempo yang paling cepat.
  • Girek yang merupakan gerakan kepala berputar layaknya baling baling.

Tari saman sendiri adalah sejenis tarian yang dilakukan tanpa adanya alat musik. Adapun untuk pengiring dari tarian ini berupa gerakan tangan dan juga badan penari itu sendiri. Berikut adalah beberapa cara untuk memperoleh bunyi bertempo mulai dari tempo sedang hingga tempo yang cepat.

  • Tepukan kedua tangan. Dari tepukan dua tangan ini akan menghasilkan tepukan yang paling sedang sampai cepat.
  • Tepukan kedua telapak tangan ke bagian dada. Umumnya ini menghasilkan tempo yang cepat.
  • Tepukan sebelah telapak tangan ke bagian dada. Untuk tepukan satu ini biasanya memiliki tempo yang sedang.
  • Gesekan ibu jari dengan bagian jari tengah. Umumnya ini juga memiliki tempo yang sedang.

Di dalam sebuah pertunjukan tari Saman, umumnya semua gerakan yang ada tersebut akan digabungkan sehingga nantinya akan memunculkan tarian nan indah.

Dan kekuatan dari tari Saman sendiri sesungguhnya bukan hanya dari syair yang di lagukan, namun juga dari gerakannya yang sangat kompak sehingga membuat tarian satu ini menjadi sangat terkenal.

Properti Tari Saman

properti tari saman
keseniankriya.blogspot.com

Adapun untuk properti dari tari saman sendiri sesungguhnya dibagi menjadi tiga macam atau tiga bagian, di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Di bagian kepala ada yang namanya bulung teleng atau yang memiliki nama lain tengkuluk. Untuk kostum ini dibuat dari bahan dasar kain hitam ukuran segi empat. Kemudian dua seginya di sulam dengan menggunakan benang layaknya baju, sunting kapies.
  • Sedangkan untuk badannya adalah baju kerawang atau sejenis baju pokok yang menggunakan dasar baju berwarna hitam kemudian di sulam menggunakan benang berwarna putih, hijau dan juga merah. Sedangkan untuk bagian pinggangnya akan di sulam dengan menggunakan kekait atau kedawek, baju dengan lengan pendek celana dan juga kain sarung.
  • Sementara untuk bagian tangannya sendiri menggunakan topeng gelang, sapu tangan. Demikian juga untuk penggunaan warnanya. Berdasarkan tradisi dan kepercayaan itu mengandung nilai dan ajaran tertentu. Hal itu disebabkan karena melalui adanya warna itu menunjukkan adanya identitas untuk pemakainya. Dan warna warni yang ada tersebut tentu saja mencerminkan adanya kekompakan, keperkasaan, kebijaksanaan, keharmonisan dan juga keberanian.

Prestasi Tari Saman

prestasi tari saman

Di bulan November 2015, tari Saman dinobatkan sebagai satu dari 12 warisan budaya nonbenada kawasan Aceh. Dan beberapa tahun sebelum itu, yakni pada bulan November 2011, tari saman juga berhasil ditetapkan sebagai daftar representasi budaya Tak benda Warisan Manusia oleh UNESCO di dalam sidang yang ke enam Komite Antar Pemerintah untuk tujuan Perlindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO yang dilakukan di kawasan Bali.

Adapun hal yang paling membanggakan bagi masyarakat Aceh adalah kini tari Saman sudah menjadi ekstra kulikuler di berbagai sekolah. Dan menariknya, yang menjadikan tarian ini sebagai cabang ekstra kulikuler tidak hanya sekolah yang ada di Aceh saja, namun seluruh Indonesia.

Selain itu, tarian warisan nusantara satu ini ternyata sudah banyak menorehkan prestasi baik itu prestasi dalam kancah nasional ataupun dalam kancah internasional yang begitu membanggakan negeri ini, khususnya masyarakat Aceh sendiri. Di antara jenis prestasi yang berhasil di sabet oleh tari Saman adalah sebagai berikut:

  • Tari Saman Aceh, Indonesia berhasil menyabet penghargaan “Best Performance Award” pada acara Cultural Showcase yang dilakukan di University of Leeds sebagai salah satu bagian dari World Unite Festival atau WUF yang dilakukan pada bulan Februari 2013.
  • Tari Saman ini juga pernah menyabet penghargaan sebagai “The Best Performace” di The International Folk Festival yang dilaksanakan di Yunani di awal bulan Juli 2013.
  • Tarian satu ini juga pernah mendapatkan penghargaan berupa “Absolute World Champion of Folklore 2014” di dalam agenda IV World Championship of Folklore 2014 yang digelar di Bulgaria.
  • Tari Saman ini juga dikenal mampu memukau banyak penonton di Negara Spanyol dan berhasil memperoleh penghargaan sebagai “The Best Traditional Dancer”.
  • Dan Sanggar tari Swarna Nusantara juga memperoleh penghargaan sebagai “The Best Performance” di ajang Festibval di Lloret de Mar Barcelona, Spanyol yang dilakukan pada 25 Juni sampai dengan 30 Juni 2012.

Demikianlah beberapa penghargaan yang pernah di sabet oleh tari Saman yang berasal dari Aceh. Namun yang sangat disayangkan adalah, tarian tersebut ternyata tidak diperoleh secara langsung oleh tim sanggar tari Saman Aceh, namun dari tim daerah lain. Harapannya, ke depan prestasi semacam itu seharusnya di sabet oleh yang asli dari Aceh.

Kenapa Tari Saman Bisa Mendunia?

Kenapa Tari Saman Bisa Mendunia?

Tari Saman merupakan sebuah tarian yang di dalamnya terdapat semangat sangat luar biasa dengan adanya variasi permainan antara ritme gerakan dan juga lagu. Dan ini menjadi ciri khusus dari tari Saman itu sendiri. Maka siapapun yang menyaksikan gerakan satu ini tentu saja akan berujar luar biasa kagum.

Tarian bernuansa tradisional yang asalnya dari Aceh ini tidak jarang membuat banyak orang merasa takjub, terlebih bagi orang yang baru melihat tarian satu ini. Tari Saman memang memberikan keunikan tersendiri dengan jenis tarian tradisional yang dari Aceh yang lain.

Berdasarkan pendapat salah seorang budayawan Gayo bernama Lues Binuyamin, sisi yang membuat tari Saman ini sangat menakjubkan adalah karena adanya gerakan badan bagi penari pria yang menggunakan variasi tangan di tepuk ke bagian dada dengan tempo yang sangat cepat sehingga ini menjadi suatu atraksi yang penuh kekuatan dan terbilang dinamis.

Tari Saman ini merupakan gerakan dimana pemain melakukan beberapa gerakan seperti tepuk tangan, tepuk dada, paha dan juga tanah. Gerakan dari tari Saman ini sesungguhnya melambangkan adanya alam, lingkungan dan juga kehidupan keseharian masyarakat Gayo.

Hal unik lain dari tari Saman ini adalah ia sesungguhnya hanya dapat dimainkan oleh orang Gayo. Sekalipun ada orang luar yang menarikan jenis tarian ini, tentu ada perbedaan yang cukup terlihat. Dan hampir seluruh orang Gayo mampu memainkan tarian satu ini.

Bahkan, untuk dapat memainkannya, mereka tidak membutuhkan latihan karena memang gerakan yang ada seolah sudah mendarah daging. Inilah yang menjadi alasan bagi PBB untuk pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan menjadikan tari ini sebagai sebuah warisan dunia tak benda.

Bahkan, Zaini yang merupakan salah satu orang yang pernah menjabat sebagai gubernur Aceh mengatakan bahwa masyarakat Aceh sesungguhnya sangat banyak atas pengakuan dunia terhadap tari Saman. Karena tarian yang sudah dinobatkan sebagai warisan dunia ini tidak hanya dipelajari di Indonesia saja, namun juga dipertontonkan di luar negeri.

Dengan adanya pengakuan tersebut, tentu saja bisa dijadikan sebagai dorongan untuk semakin mencintai dan juga melestarikan budaya lokal sehingga nantinya budaya tersebut tidak diakui Negara lain.

Tari Saman Go Internasional

tari saman go internasional
www.liputan6.com

Tari Saman masal pernah melakukan aksi pemecahan rekor dengan jumlah penari paling banyak di dunia. Tari ini digelar di Aceh dan sempat menjadi sorotan dunia. Bahkan, ada beberapa media internasional yang mengabadikan moment pemecahan rekor tersebut.

Para peserta menari dengan memakai kostum berwarna hitam dan kuning. Semua dari mereka duduk dengan barisan yang sangat rapi, kemudian menepuk pundak dan juga melakukan suatu gerakan berputar. Selain itu, mereka juga bergerak dengan ritme yang semakin lama semakin cepat dengan iringan lagu tradisional yang dinyanyikan.

Pagelaran Tari Saman massal yang dilakukan tersebut ternyata dilakukan oleh penari paling banyak di dunia, yakni diikuti oleh 12.262 peserta. Jumlah ini terbilang melebihi perkiraan sebelumnya yang hanya sebatas 10.001 peserta. Mereka pun berhasil memecahkan rekor dunia dari Museum Rekor Dunia (Muri) di hari Minggu, 13 Agustus 2017 di Stadion Seribu Bukit Kabupaten Gayo, Lues Aceh.

Ini adalah rekor kedua kalinya sesudah masyarakat Gayo, Lues mendapatkan rekor dunia tahun 2014 dengan menghadirkan sejumlah penari sebanyak 5.057 peserta. Ia juga telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia pada bulan November 2011.

Gerakan Tari Saman untuk Anak SD

gerakan tari saman untuk anak sd
www.youtube.com

Tari Saman untuk anak SD dilakukan dalam rangka memberikan skill atau kompetensi untuk para siswa itu sendiri. Tarian saman memang dijadikan sebagai salah satu cabang ekstra kulikuler di sejumlah sekolah dasar tidak hanya di kawasan Aceh saja, namun juga di sekolah luar Aceh yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. 

Tari Saman sangat penting diperkenalkan kepada anak didik dan generasi Bangsa sejak dini agar mereka mengenal budaya warisan nenek moyang dan juga mau melestarikan serta mencintai budaya tersebut.

READ  Cockatiel, Burung Kakak Tua Mini yang Lucu dan Bersahabat

Adapun untuk gerakan tari Saman untuk anak SD sendiri dilakukan dengan tarian yang sangat sederhana namun tetap menggambarkan betapa indahnya tarian jenis ini.

Adapun untuk gerakannya juga mengikuti aturan dari tari Saman yang ada secara umum. Mulai dari gerakan badan, tangan dan sebagainya yang menjadi ciri khas dari tari Saman itu sendiri.

Demikianlah ulasan mengenai tari Saman mulai dari sejarah, gerakan, makna bahkan hingga prestasi yang diperoleh oleh tarian satu ini sehingga ia menjadi tarian yang dikenal secara internasional.

Mengetahui dan mempelajari tari Saman yang menjadi salah satu warisan budaya Bangsa sangatlah penting untuk menjaga budaya tersebut supaya tidak punah atau hilang, apalagi jika budayanya diambil dan diakui oleh Negara lain.

Maka dari itu, generasi bangsa perlu diajarkan untuk melestarikan budaya luar biasa satu ini. Semoga informasi di atas bermanfaat sebagai bahan pembelajaran.

Tinggalkan komentar