10 Ide Usaha Sampingan Untuk Anak Kos-kosan yang Menjanjikan

Usaha Sampingan Anak Kos – Masalah ekonomi merupakan salah satu hal yang menjadi permasalah anak kos. Biaya kuliah yang memakan biaya yang tidak murah menjadikan para anak kos sering menghemat uang agar bisa menghidupi dirinya.

Tak jarang para anak kos-kosan memutar otak untuk mendapatkan uang tambahan. Orang tua yang jaraknya cukup jauh menjadikan anak kos harus lebih bisa mandiri.

COPY CODE SNIPPET

Maka dari itu saatsantai.com mengumpulkan beberapa referensi ide usaha sampingan yang bisa membantu kamu sebagai anak kos agar bisa membiayai hidup serta sebagai penghasilan tambahan. Berikut 10 ide usaha sampingan untuk anak kos yang patut kamu coba.

1. Usaha sampingan anak kos sebagai penjual pulsa

bisnis yang cocok untuk anak kosan

pixabay.com

Banyak yang menganggap usaha berjualan pulsa memiliki potensi keuntungan yang sedikit. Namun, jika kamu mempunyai pelanggan yang banyak, maka keuntunganmu akan bertambah besar.

Dari segi kebutuhan, sekarang ini pulsa menjadi kebutuhan pokok karena hampir semua orang sudah mempunyai ponsel. Dan seiring perkembangan ponsel yang pesat membuat penggunaan ponsel tidak hanya untuk telepon dan sms saja. Melainkan untuk berselancar dunia maya.

Jadi berjualan pulsa bisa menjadi salah satu usaha sampingan yang perlu kamu coba.

2. Usaha sampingan anak kos sebagai pekerja lepas ( freelancer )

usaha sampingan anak kuliahan

pixabay.com

Usaha sampingan sebagai pekerja lepas bisa dibilang salah satu usaha sampingan cocok untuk anak kosan karena termasuk usaha tanpa modal. Dan salah satu kelebihan menjadikan pekerja lepas sebagai usaha sampinga yaitu fleksibel, karena bisa dikerjakan dimana saja dan kapanpun.

Banyak job-job freelance yang bisa kamu ambil, misalkan mengedit gambar, memposting gambar, mengedit dan membuat video, membuat tulisan untuk dipublish di sebuah web dan masih banyak lagi.

Dan kamu bisa pilih job yang kamu sanggup kerjakan. Kamu bisa coba disalah satu situs freelance Indonesia yaitu sribulancer.com dan masih banyak lagi situs-situs freelance yang serupa tetapi situs orang asing.

3. Usaha sampingan anak kos sebagai reseller atau dropshiper

usaha kosan tanpa modal

pixabay.com

Selanjutnya bisnis yan cocok untuk anak kosan yaitu sebagai reseller atau dropshiper. Usaha ini bisa dibilang mudah dalam pengerjaannya. Sama halnya dengan menjadi pekerja lepas, usaha sampingan ini juga fleksibel dari segi tempat dan waktu karena dikerjakan dimana saja dan kapan saja.

Hal yang penting untuk kamu yang ingin terjun dalam bidang ini, kamu harus punya beberapa alat promosi seperti ponsel, laptop dan juga paket data, karena usaha ini termasuk dalam bisnis online. Jadi kamu harus punya alat tempur untuk mempromosikan produkmu di dunia maya.

Dropshiper dan reseller itu beda loh. Soalnya banyak orang yang keliru dan banyak yang mengira dua hal tersebut itu sama.

Dropshiper itu kamu hanya mempromosikan produk orang lain tanpa kamu memiliki produk itu. Jadi ketika kamu nanti mendapatkan orderan, kamu tinggal mengirimkan data orderanmu ke supplier dan selanjutnya pihak supplier akan mengirim barang kepada pembeli atas nama kamu.

Sedangkan reseller itu kamu harus membeli produk orang lain dengan harga yang lebih murah karena setiap reseller suatu produk akan mendapatkan harga yang lebih murah. Sehingga kamu yang menentukan harga produk yang akan kamu jual serta keuntungannya.

Jadi kamu sudah pahamkan perbedaan antara dropshipper dan reseller. Sekarang kamu tinggal pilih, manakah yang cocok kamu jalankan sebagai usaha sampingan.

4. Usaha sampingan anak kos sebagai penjual makanan ringan

bisnis kecil kecilan untuk anak muda

pixabay.com

Sebagian anak kos yang enggan memilih usaha sampingan ini karena mereka terlalu gengsi, apalagi seorang anak kuliahan. Padahal usaha sampingan ini bisa melatih dirimu sebagai pengusaha nanti.

Dan kita lihat, banyak juga para mahasiswa yang menjajakan makanan dan minuman dari kelas ke kelas. Kita tahu juga biasanya mereka adalah orang-orang berprestasi. Nah, untuk kamu janganlah malu dalam berjualan makanan ringan.

Di dalam perjualan makanan ringan, mental kamu akan terlatih. Mungkin suatu saat kamu ingin menjadi pengusaha. Dan salah satu faktor untuk menjadi pengusaha adalah mental yang kuat sepert mental badak.

5. Usaha sampingan anak kos sebagai pengemudi ojek online

bisnis yang cocok untuk anak kosan

ngelajelitawordpress.com

Semenjak adanya Gojek, ojek online sekarang sudah kian menjamur di Indonesia. Dan banyak orang sudah merasakan keuntungan sebagai pengemudi ojek online. Dari mahasiswa sampai pensiunan direktur pernah mencoba menjadi pengemudi ojek. Testimoni mereka pun terbilang baik dan bagus.

Penghasilan yang bisa didapatkan pun variasi mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu per hari. Bagi kamu yang berminat untuk mencoba usaha sampingan sebagai pengemudi ojek online, kamu hanya cukup punya motor beserta surat kelengkapannya termasuk SIM.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Semoga kamu yang sedang kesulitan ekonomi dapat dimudahkan segala urasannya. Dan terima kasih juga sudah membaca artikel ini 🙂

Leave a Reply